oleh

Congkel Gembok, Rolling Door Dirusak, Remaja Putus Sekolah Dibekuk Polisi

Congkel Gembok, Rolling Door Dirusak, Remaja Putus Sekolah Dibekuk Polisi

BATURAJA TIMUR – Satu dari tiga orang remaja yang diduga membobol toko mainan di Pasar Atas Baturaja berhasil dibekuk polisi. Tersangka yang diamankan tersebut adalah BA (16), warga kecamatan Baturaja Timur berikut barang bukti hasil pencuriannya.

Loading...

 

BA merupakan remaja putus sekolah yang sebelumnya juga pernah ditangkap polisi pada 2015 silam. Saat itu, ia juga melakukan pencurian. Namun ia dilepas karena korban mencabut laporannya.

 

Empat tahun kemudian, BA kembali beraksi dengan membongkar toko mainan di Pasar Atas Baturaja.

Kapolres OKU AKBP Dra NK Widayana Sulandari melalui Kapolsek Baturaja Timur AKP Zaldi SH mengungkapkan, BA ditangkap karena membobol toko milik Rudi Kurniawan (29), warga Jl Kenanga Blok K Komplek Tiga Gajah, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Baturaja Timur pada 21 Juli kemarin sekitar Pukul 03.30 WIB. Pencurian ini sudah dilaporkan Rudi dengan laporan polisi nomor LP-B/22/VII/2019/RES.OKU/SEK. BTA TIMUR tanggal 21 Juli 2019.

Pencurian tersebut dilakukan BA bersama dua temannya yang berinisial DE dan PU.

 

Namun keduanya masih diburu polisi. Ketiga pelaku menjalankan aksinya dengan merusak rolling door toko mainan. Pintu tersebut dirusak dengan cara mencongkel gembok pintu menggunakan linggis dan palu.

 

Setelah berhasil masuk, para pelaku mengambil sejumlah mainan anak-anak dan dimasukan ke karung.

Aksi ketiganya diketahui saat hendak keluar membawa barang hasil curiannya.

 

Aksi ketiga remaja ini diketahui penjaga pasar yang sedang patroli. Saat itu, petugas keamanan mencoba menangkap para pelaku. Sayang, pelaku berhasil kabur. Sedangkan barang yang dicuri tertinggal di lokasi kejadian.

Peristiwa pencurian tersebut kemudian dilaporkan petugas keamanan pasar kepada pos pol polisi Pasar Atas.

 

Mendapat laporan tersebut, Unit Reskrim Polsek Baturaja Timur dipimpin Kapolsek AKP Zaldi bersama Kanit Resrkim IPDA Andara Galuh bersama penjaga pasar melakukan pengintaian. Upaya tersebut membuahkan hasil dengan menangkap BA. Sedangkan dua pelaku lainnya berhasil kabur. Kini, keduanya masih dalam pengejaran polisi.

Dari tangan BA, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya sebuah linggis dan palu yang digunakan untuk membongkar toko, 6 unit kipas angin mini, serta belasan unit mainan anak-anak. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian lebih dari Rp2,6 juta.

 

“Tersangka dan barang bukti masih diamankan di Polsek Baturaja Timur untuk diproses secara hukum. Kita juga masih melakukan pengembangan lebih lanjut dan mengejar pelaku lain yang juga masih remaja. Pelaku akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan,” pungkas Zaldi. (apk)

BERITA LAINNYA