oleh

Bulan Depan, Bayar Pajak di OKU Bisa Online

Loading...

Baturaja – Setiap tahun, masyarakat pemilik kendaraan akan direpotkan dengan pengurusan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dengan mendatangi kantor SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap). Termasuk di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU)

Namun kedepan, pengurusan perpanjangan STNK tidak lagi merepotkan, karena pelayanan pembayaran pajak STNK dapat dilakukan melalui transaksi elektronik.

Loading...

 

Ya. Dalam hal ini, Kantor Unit Pelayanan Teknis Bersama (UPTB) Samsat Baturaja akan menerapkan Samsat Online System (SOS).

 

“Insya Allah, kalau tidak ada halangan, bulan depan Samsat Online ini bisa berjalan,” ungkap Humaniora Basili Basmark, Kepala Samsat Baturaja kepada rmolsumsel.

 

Menurut Belly (sapaan akrabnya), bahwa Samsat Online ini aplikasinya secara nasional. Dan kini sedang dirancang akan terkoneksi.

 

Inovasi ini tak lain tujuannya dalam rangka peningkatan pelayanan dan mempermudah masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk mendatangi Kantor Samsat.

 

“Sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengorbankan waktu untuk mendatangi kantor Samsat, mengantri berjam-jam. Apalagi disini kan selalu berjubel,” katanya.

 

Samsat online menyediakan beberapa layanan pembayaran pajak. Salah satunya, pajak tahunan. “Kalau lima tahunan, tidak bisa. Karena itu butuh cek fisik,” imbuhnya.

 

Selain itu, sambung Belly, tahun ini juga sudah akan diberlakukan E-Samsat Nasional. Tapi, ia mengaku belum tahun bulan apa diterapkannya.

 

“Jika ini dilaksanakan, maka pemilik kendaraan yang platnya di luar OKU bisa membayar di OKU. Tetapi pengesahannya tetap dilakukan di tempat masing-masing. Kita juga bisa mengetahui kapan kendaraan kita mati pajak dan berapa biayanya,” demikian Belly. [yip/win]

 

Source: rmolsumsel

BERITA LAINNYA