oleh

5,28 Kg Hati Sapi Bercacing, di Pasar Atas dan Pasar Induk

BATURAJA TIMUR – Dinas Perikanan dan Peternakan OKU memusnahkan 5,28 kg hati sapi. Jeroan sapi itu disita petugas dari dua lapak berbeda saat pemeriksaan daging hewan di Pasar Atas dan Pasar Induk, Sabtu (10/8) lalu.

Pemeriksaan tersebut melibatkan tim gabungan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan OKU, Satuan Pol PP, MUI OKU, serta Polres OKU.

Loading...

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU, Hj Tri Aprianingsih melalui Kasi Kesmavet, Lindawati S Pt mengungkapkan, hati yang disita dijual pedagang daging di Pasar Induk 1,3 kg serta dari Pasar Atas sebanyak 4,25 kg.

Sedangkan dari pemeriksaan di Pasar Baru, petugas tak menemukan hati yang bercacing. “Sejauh ini, hanya ditemukan hati bercacing. Sudah disita. Setelah itu dimusnahkan dengan cara dikubur,” ungkapnya.

Hati sapi yang disita, lanjut Lindawati, karena hati yang dipajang di lapak pedagang terkandung cacing hati. Bahkan, setelah diperiksa drh Putut Pantoyo, di hati tersebut juga tersimpan telur-telur cacing.

“Tidak cuma cacing, tapi juga telur cacingnya banyak. Bahaya kalau sampai terkonsumsi manusia,” tegasnya.

Pemeriksaan daging hewan tahun ini, Dinas Perikanan dan Peternakan OKU membagi petugas menjadi tiga tim. Mereka menyebar di tiga titik pasar dan bergerak serentak.

Sementara, disinggung mengenai hasil posmortem di masjid dan musala se Kabupaten OKU, dirinya belum merilis. Sebab data yang masuk belum menyeluruh. (stf)

BERITA LAINNYA