by

Tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit Datangi RSUD OKU Selatan

Tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit Datangi RSUD OKU Selatan

OKU SELATAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muaradua kedatangan tim dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), untuk melakukan Survey Simulasi (Sursim) terkait akreditasi rumah sakit.

Survey Simulasi ini dilaksanakan selama tiga hari sejak 13-15 Mei 2019 langsung di RSUD Muaradua. Tim Sursim terdiri dari, Ketua Tim Surveior dr Lubuk Paindoan SP A. Kemudian, tiga Surveior dari KARS dr Lubuk Paindoan SP A, selaku Ketua dan Surveior Medis. dr Andrian Martin Hutauruk, M Kes, selaku Surveior Manajemen, dan Oktava Dinaria Girsang Skp M Kes selaku Surveior Keperawatan.

 

Ketua Tim Surveior dr Lubuk Paindoan SP A menjelaskan Sursim merupkan tahapan dalam proses menuju RSUD Muaradua yang terakeditasi.

 

Karena setiap Rumah Sakit ini wajib terakreditasi, sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan di RSUD, terkhusus di Muaradua OKU Selatan.

“Akreditasi ini harus dilakukan secara berkala yang harus dilakukan minimal setiap tiga tahun sekali. Hal itu tertuang dalam Undang-Undang No 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit,” jelasnya.

 

Sementara dalam tatap muka kegiatan Sursim ini, Direktur RSUD Muaradua dr Erick Destiano SP, PD mempresentasikan profil RSUD Muaradua serta PMKP dan Indikator mutu Sismadak.

 

Dikatakannya, persiapan menuju akreditasi ini telah dipersiapkan selama tiga bulan oleh Tim Pokja Akreditasi RSUD Muaradua, pihak RSUD Muaradua sendiri terus berupaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan bagi keselamatan pasien.

 

Dalam melaksankan Sursim di RSUD Muaradua, KARS menggunakan Standar akreditasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1 dan Instrumen akreditasi SNARS Edisi 1. Dijelaskan Erick lebih lanjut, Akreditasi rumah sakit ini merupakan proses kegiatan peningkatan mutu pelayanan yang dilakukan terus menerus oleh rumah sakit.


“Akreditasi adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit, setelah dilakukan penilaian bahwa Rumah Sakit telah memenuhi Standar Akreditasi,” terangnya.

 

Sejalan dengan proses kegiatan peningkatan mutu maka KARS secara berkala melakukan review standar akreditasi mengikuti perkembangan standar akreditasi di tingkat global. KARS sendiri telah memperkenalkan SNARS Edisi 1 yang diberlakukan sejak tahun 2018.

 

Semoga pelaksanaan akreditasi rumah sakit yang sedang berlangsung ini dapat berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun, sehingga dengan terkareditasinya RSUD Muaradua dapat menjadi rumah sakit dengan pelayanan berkualitas dan menjadi kebanggaan masyarakat OKU Selatan sesuai Visi dan Misi RSUD Muaradua,” pungkasnya. (Dal)

Loading...

BERITA LAINNYA