oleh

Sidak Pasar Beduk Baturaja, BBPOM Temukan Makanan Mengandung Boraks

Sidak Pasar Beduk Baturaja, BBPOM Temukan Makanan Mengandung Boraks

BATURAJA- Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang Sumatera Selatan, bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melakukan Sidak di pasar Bedug Taman Kota Baturaja.

Melansir dan mengutip dari laman rmolsumsel.com. Sidak yang dilakukan guna mengawasi makanan yang mengandung zat berbahaya. Alhasil dari sidak ini petugas gabungan menemukan makanan yang mengandung  zat berbahaya.

 

Sebelum melakukan sidak di Pasar Bedug Baturaja, BBPOM terlebih dahulu melakukan sidak di Pasar Pucuk/ Pasar Lama Baturaja.

“Hasil sidak kemari, kita menemukan beberapa jenis makanan yang mengandung zat berbahaya seperti Formalin, Rodamin dan Boraks,” Kata Hardaningsih, Kepala BBPOM Palembang, Sumsel.

 

Disebutkan wanita berhijab ini, di pasar Bedug pihaknya mengambil 37 sample makanan yang dijual oleh pedagang, sedangkan di pasar lama pihaknya mengambil 33 sample.

 

Setelah diuji, dari sample pasar Bedug pihaknya menemukan satu bahan makanan yakni mie basah (dalam bungkus rujak mie) positif mengandung Formalin. Sedangkan di pasar atas pihaknya menemukan 5 makanan positif mengandung zat berbahaya.

“Kalau di pasar lama, dua makanan mie basah mengandung formalin, dua makanan memgandung rodamin yakni kerupuk ubi dan terasi, dan satu bahan makanan mengandung boraks,” sebutnya.

Dkatakan Hardaningsih, makanan yang mengandung zat berbahaya langsung diambil oleh petugas untuk dimusnahkan. Adapun barang yang diamankan dari pedagang yakni berupa 26 Kg kerupuk ubi yang diambil dari beberapa pedagang pasar lama, 20 bungkus boraks dari salah seorang pedagang pasar lama, serta mie basah.

Loading...

BERITA LAINNYA