by

Rupiah Anjlok, Harga Kopi dan Lada di OKU Selatan Merosot

OKU SELATAN  – Anjloknya nilai tukar dolar, ikut mempengaruhi harga sejumlah komuditas pertanian di Kabupaten OKU Selatan, seperti harga jual kopi dan lada bahkan komuditas lainya.

 

Pengamatan dilapangan, seperti harga jual lada saat ini hanya menyentuh harga Rp 28 ribu dan untuk harga Kopi Rp 17.5 ribu perkilogram dan harga ini turun dari harga pekan lalu Rp 20 ribu.

 

Menurut salah satu petani di Desa Surabaya Kecamatan Tiga Dihaji, Udin kendati belum terlalu mempengaruhi harga komuditas. Namun, penurunan harga jual mulai terjadi.

 

“Harga jual kopi sudah turun antara Rp 2 ribu hingga Rp 3 ribu perkilogramnya, untuk lada sendiri memang sudah sering turun,” ujarnya. Dikatakannya, penurunan harga tersebut terjadi sejak sepekan terakhir, dan dikhawatirkan akan terus merosot tajam hingga awal tahun nanti.

 

“Takutnya terus turun, informasinya Rupiah lagi anjlok, kemungkinan akan ikut berdampak mempengaruhi harga lada dan kopi,” katanya.

 

Sementara itu, Aliyan petani lainnya mengaku, penurunan harga jual komoditas pertanian ini tentu sangat menyulitkan kalangan petani. Apalagi, diperkirakan harga sembako ikut naik.

 

“Tidak sebanding lagi, karena untuk sekilogram kopi tak mampu membeli sekilogram daging dan ikan, sementara sembako memang sudah tinggi. Makanya akan susah,” pungkasnya. (res)

Loading...

Comment

BERITA LAINNYA