by

Tiga Kades Diganti Pjs, Ternyata ini Penyebabnya

OKU SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan segera melakukan pelantokan Pejabat Sementara (PJS) dari Tiga Kepala Desa (Kades) yang kosong karena menyatakan pengunduran diri untuk mencalonkan diri di Pemilihan Legislatif Tahun 2019 mendatang.

Pelaksanaan pelantikan Pejabat Sementara (PJS) inj yang di SK kan oleh Bupati OKU Selatan lantaran telah mengundurkan diri karena sudah terdaftar calon legislatif 2019 mendatang. Dari ketiga jabatan Kades yang akan di gantikan PJS adalah Iskandar, Desa Bandar, Kec Buana Pemaca, Dahrul Qutni Desa Tebat Gabus Keca Kisam Tinggi, dan Herli Badri Desa Kota Batu Kecamatan Warkuk Ranau Selatan.

Plt Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Permiadi Haikal S Sos MM melaui Kasi Penataan Desa dan Desa Adat Zainal Arifin TD, SE mengatakan, dengan adanya Calon Legislatif Tahun 2019 mendatang untuk di wilayah Kabupaten OKU Selatan ada 3 Kepala Desa yang maju menjadi calon legislatif dan menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya selaku Kades,” ucapnya Kamis (13/9).

Dikatakannya, maka untuk mengisikan Desa yang kosong Kepala Desanya akan segera di angkat PJS dari Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang di tunjuk oleh Bupati OKU Selatan. Zainal menjelaskan, sehubngan telah di keluarkannya Surat Keputusan (SK) Bupati tentang surat pemberhentikan secara terhormat dan yang akan mengisi penjabat 3 desa tersbut dari PNS yang akan di berikan Surat Keputusan (SK) Bupati yang akan di lantik pada Hari Senin (17/9) mendatang.

“Karena sudah di keluarkan SK pemberhentian dari Bupati maka tinggal mengeluarkan SK pelantikan PJS yang akan di laksanakan pada hari senin pekan depan,” ucapnya.

Pelantikan pjs hari senin 17 ini nanti akan di laksanakan di masing-masing kecamatan dari 3 kecamatan tersebut. “Jadi hari senin depan 3 PJS yang menggantikan kades yang maju sebagai calon legislatif akan di laksanakan pelantikannya oleh Bupati OKU Selatan,” terangnya.

Hal ini berdasarkan oleh peraturan Komisi Pemilihan Umum jika ada pejabat public maju mencalonkan diri maka harus menyatakan pengunduran diri dari jabatannya. “Sehingga ketiga kades tersebut sudah lama mengundurkan diri dan akan di gantikan oleh Kades Pjs,” pungkasnya. (dal)

Loading...

Comment

BERITA LAINNYA