oleh

Ngeri, Ular Piton Telan Buaya Besar

QUEENSLAND—Anda mungkin pernah melihat gambar binatang yang memakan hewan lain sebelumnya. Tapi kami yakin Anda tidak akan sering menemukan ular piton menelan buaya air tawar dewasa secara bulat-bulat.

 

Loading...

Foto-foto yang diterbitkan di halaman Facebook GG Wildlife Rescue pada bulan Mei menunjukkan kejadian itu. Seekor python zaitun kelaparan memakan buaya yang berukuran jauh lebih besar dari tubunya. Ular ini diketahui sudah memakan hewan lain seperti rusa dan landak.

 

Foto-foto ini diambil di dekat Gunung Isa di Queensland di Oz oleh kayaker, Martin Muller. Python zaitun adalah asli Australia dan diketahui bisa mencapai panjang 19 kaki (6 meter). Tampaknya, cukup umum untuk melihat ular zaitun naik melawan buaya air tawar. Pada 2014, salah satu dari mereka menghabiskan waktu lima jam untuk meregangkan rahangnya di sekitar buaya yang tidak bergerak.

 

Ular piton memiliki tulang rahang bawah yang terbagi dalam dua bagian dan dihubungkan oleh ligamen elastis. Ini memungkinkan tulang mereka menyebar terpisah sehingga mereka benar-benar dapat melahap makhluk yang kadang-kadang dua kali ukuran tubuh mereka sendiri.

 

Metode makan yang mereka sukai adalah menaklukkan mangsa mereka terlebih dahulu dengan cara membelit mereka. Kemudian, mereka akan memakannya secara perlahan dan menelan makhluk itu dalam sekali jalan. Ular dapat meningkatkan metabolisme dan ukuran organ mereka untuk mengatasi masuknya kalori dari mencerna makanan yang begitu besar. (Metro/amr)

BERITA LAINNYA