oleh

Harga Karet Tak Sebanding dengan Beras

Harga Karet Tak Sebanding dengan Beras

BELITANG JAYA – Pergerakan harga karet dalam kurun waktu dua minggu terahir  terus menunjukkan tren penurunan. Saat ini harga jual karet di kalangan petani hanya Rp6.700  per kilogram (kg).

Loading...

Parngat (37), petani karet di Desa Banjar Rejo, Kecamatan Belitang mengatakan,  dirinya tidak mengetahui jelas apa yang menjadi pemicu turunnya harga jual getah karet saat ini.

“Kami bingung kenapa harga karet ini terus mengelinding turun. Kalau pun naik pasti tidak bertahan  lama setelah  itu kembali turun lagi. Sekali turun sekitar Rp500, giliran naik berangsung Rp100 setiap kali timbangan,” cetusnya.

Lanjutnya Pangat, dua minggu tearahir harga karet mencapai nominal Rp 7000, namun saat ini tinggal Rp 6.700/kg. Sementara mengenai hasil produksi sebenarnya meningkat mengingat hujan tidak lagi kerap menghantui petani.

Sementara, Matoheran (39), buruh sadap karet mengaku, hasil yang di dapat dari buruh, hanya habis untuk makan daan keperluan sehari-hari. Karena harga karet yang murah dan bahan pokok mahal. 

“Kalau sebelum tahun 2015 saya yang hanya buruh sadap karet, bisa mengkuliahkan anak dan membeli kendaraan roda dua dengan cara kredit. Namun saat ini hasil kerjanya tiap minggu habis untuk makan,” jelasnya.(dira/okutimurpos) 

BERITA LAINNYA